Diabetes Tipe 2 Dapat Ditularkan Seperti Penyakit Sapi Gila!

Diabetes menjadi penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia setelah stroke dan jantung koroner (12,9 %). Diabetes tipe 1 adalah ketika tubuh anda tidak mampu memroduksi insulin sama sekali, sedangkan diabetes tipe 2 adalah gangguan pada organ tubuh dimana tubuh masih bisa memroduksi insulin, tetapi tidak dalam jumlah cukup atau tubuh mempunyai kesulitan menggunakan insulin secara efisien. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan sekitar enam persen dari populasi penduduk dunia menderita diabetes tipe 2, penyakit ini meningkat drastis dari sekitar 30 juta kasus pada tahun 1985 menjadi sekitar 390 juta kasus pada tahun 2015. Studi baru menunjukkan mekanisme yang sebelumnya belum ditemukan, meningkatkan kemungkinan diabetes tipe 2 ditularkan dengan cara yang sama dilakukan pada penyakit infeksi seperti Bovine Spongiform Encephalopathy (penyakit sapi gila).

Para ilmuawan masih belum bisa memahami kenaikan drastis pada penyakit ini di seluruh dunia selama 50 tahun terakhir, tidak seperti tipe 1, tipe 2 diketahui berkembang seiring bertambahnya usia dan umumnya dianggap sebagai akibat dari kurangnya olahraga dan obesitas/kegemukan.
Tim peneliti di Universitas Texas memfokuskan pada jumlah penyimpanan protein abnormal yang ditemukan lebih dari 90 persen pasien diabetes tipe2. Diidentifikasi bahwa sebagian besar pasien penderita penyakit ini memiliki agregat dari bentuk protein islet amyloid polypeptide (IAPP) yang salah.
Jumlah kecil dari protein IAAP yang salah kemudian disuntikkan pada tikus dan peneliti menemukan bahwa hal ini mengakibatkan terbentuknya penyimpanan protein di pankreas binatang ini. Yang paling mencolok disini yaitu pengamatan yang dilakukan selama beberapa minggu mendapatkan hasil bahwa IAAP salah ini mengakibatkan tikus ini mengalami beberapa gejala yang terkait dengan diabetes tipe 2, mulai dari meningkatnya jumlah gula dalam darah hingga kehilangan sel beta pankreas.
Penelitian ini belum mengidentifikasi bagaimana protein IAAP yang salah ini dapat membawa pada kasus diabetes tipe 2, namun ilmuwan menduga bahwa sejak volume besar dari protein di pankreas mungkin mampu merusak dan membunuh sel beta yang menghasilkan insulin.
Implikasi besar dari penelitian ini membuktikan bahwa diabetes tipe 2 mirip dengan penyakit lain yang menular dan disebabkan oleh jenis kumpulan protein yang salah.
Dikenal sebagai penyakit ‘prion’, penyakit ini tidak seperti penyakit menular lainnya yang disebarkan oleh virus atau bakteri. ‘Prion’ terdiri dari protein yang salah dan dapat bertindak sebagai agen infeksi yang memasuki organisme sehat dan menyebarkan keadaan yang salah pada protein lain.
Penyakit prion yang paling terkenal saat ini yaitu Bovine Spongiform Encephalopathy atau dikenal sebagai ‘penyakit sapi gila’. Penyakit ini berasal dari hewan ternak dan menyebar pada manusia melalui makanan daging yang sudah tercemar dengan protein yang salah atau prion.
Dalam kasus penelitian baru ini, ilmuwan sesegera mungkin meredakan ketakutan hiperbolik lainnya. Ini bukan bukti bahwa diabetes tipe 2 merupakan sesuatu yang dapat kita ditangkap dengan mudah, namun tim sedang meneliti lebih jauh mengenai kemungkinan dapat ditularkan dalam berbagai cara, dari transfusi darah hingga mengonsumsi daging yang mengandung protein IAAP salah dalam jumlah tinggi.
“Sampai sekarang, konsep ini belum dipertimbangkan,” kata salah satu peneliti di proyek Claudio Soto. “Data kami membuka wilayah penelitian baru dengan implikasi untuk kesehatan publik.”
Memisahkan pada makin ekstrimnya intepretasi pada diabetes tipe 2 sebagai penyakit menular, makin banyak hasil dari penemuan ini merupakan pandangan pada bagaimana penyakit ini dapat melaju dalam setiap individual. Sementara kita mengetahui bahwa olahraga dan diet menyehatkan dapat mencegahnya, dan dalam kasus sebaliknya, akibat dari diabetes tipe 2, penelitian ini menawarkan pandangan kunci pada apa yang mungkin menyebabkan kondisi ini.

Sumber: The University of Texas, http://pennstatehershey.adam.com/content.aspx?pid=35&gid=89599

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s