Cangkir Kopi Yang Dibuat dari Kopi ?

Mungkin kita akan bingung dengan judul diatas apakah mungkin tempat kopi dibuat dari kopi itu sendiri sepertinya tidak masuk akal ya sob, namun inilah yang dibuat oleh sebuah perusahaan startup Huskee dari Australia yang melakukan terobosan dengan membuat cangkir yang dapat dipakai lagi yang sebenarnya terbuat dari sekam kopi yang sudah tidak di pakai lagi, menarik bukan ?
Bagaimana awalnya bisa begini adalah pengakuan dari Starbucks sendiri, dimana mereka menyatakan telah mengabiskan sekitar 4 miliar gelas kopi sekali pakai setiap tahun, dan itu hanya satu perusahaa. Jika konsumen java ingin mengurangi jenis sampah tersebut, tentu saja mereka bisa membawa cangkir kopi mereka itu ke kedai kopi tersebut.

Lagi menurut perusahaan Huskee itu lagi, lebih dari 1,35 juta ton limbah sekam kopi dihasilkan secara global setiap tahunnya. Meskipun sekam tersebut telah digunakan sebagai pupuk, namun pada umumnya hanya dibuang begitu saja.
Huskee kemudian membeli sekam itu dari perkebunan kopi di Yunnan yaitu daerah dekat perbatasan antara Cina dan Myanmar, dan mengubahnya menjadi resin keramik. Dimana resin itulah yang digunakan untuk membuat cangkir kopi, yang kabarnya anti pecah, aman untuk dipakai dalam microwave atau mesin cuci piring, bisa disusun atau ditumpuh dan bagusnya lagi adalah bisa didaur ulang.


Apa saja kelebihan desain cangkir ini yang pertama adalah adanya sirip di bagian sisinya yang bertujuan untuk menghindari jari tangan kita merasakan panas saat memegangnya, sementara desain bagian dalam cangkir ini membantu integrasi susu, dan alur di bagian dasar cangkir ini didesain agar air bersih bisa mengalir dari cangkir dalam posisi dibalik dan tidak mengumpul di bagian dasar. Selain itu, resin ini diklaim mampu memberikan retensi termal yang lebih baik dimana artinya hal ini akan membuat kopi panas lebih lama jika dibandingkan dengan menggunakan cangkir keramik biasa.


Lalu berapa harga cangkir itu Kickstarter menawarkannya dalam tiga ukuran dengan disertakan lepekan nya dengan harga mulai dari 45 dolar Australia (sekitar 470 ribu Rupiah), dengan ukuran cangkir 180 ml, tertarik ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s